Saturday, January 9, 2016

5 Khasiat Teh Bagi Penderita Diabetes


Saat seseorang divonis menderita diabetes, maka secara otomatis mereka harus memperhatikan apapun yang mereka konsumsi termasuk minuman mereka. Jika makanan atau minuman tersebut tak dikelola dengan baik, maka bisa mengakibatkan kenaikan insulin dalam tubuh.

Sebuah penelitian terbaru yang dilansir dari boldsky.com menunjukkan bahwa pasien diabetes yang rajin minum teh ternyata menunjukkan kadar penurunan insulin yang signifikan. Itulah sebabnya penelitian yang dilakukan di tahun 2003 ini menyatakan bahwa penderita diabetes harus rajin untuk minum teh. 

Berikut adalah manfaat yang didapat penderita diabetes dari minum teh.

Menjaga resistensi insulin
Menurut sebuah penelitian, mereka yang menderita diabetes tipe 2 dan rajin untuk minum teh hitam atau teh hijau setiap hari memiliki tingkat insulin yang stabil.

Menurunkan tekanan darah
Diabetes ternyata bisa mempengaruhi tekanan darah seseorang pula. Dengan minum teh dua kali dalam sehari, maka risiko naiknya tekanan darah pun bisa menurun.

Mengurangi risiko penyakit jantung
Diabetes dan penyakit jantung merupakan penyakit yang berjalan beriringan. Bahkan dikatakan bahwa mereka yang memiliki penyakit diabetes juga memiliki 60% kemungkinan untuk terkena penyakit jantung juga. 

Minum teh bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, sebab teh akan mencegah peradangan dalam tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk jantung.

Mencegah risiko kanker
Tahukah Anda bahwa diabetes bisa terkait dengan kanker pula? Hal ini disebabkan karena saat kadar glukosa dalam darah meningkat, maka sel kanker juga aktif. Nah, agar Anda terhindar dari bahaya ganda ini maka Anda bisa minum teh untuk menurunkan risiko kanker Anda.

Menurunkan stres
Karena tingginya kadar gula dalam tubuh, terkadang pasien diabetes juga rentan untuk terkena stres. Namun minum teh bisa membantu Anda untuk mengontrol stres sebab teh mengandung theanine, asam amino yang membantu mengontrol stres dalam tubuh.

Selain manfaat tersebut, teh juga tinggi akan zat antioksidan. Sehingga minum teh bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Sumber: Merdeka

No comments:

Post a Comment