Saturday, January 9, 2016

Anak Susah Makan? Lakukan 5 Hal Berikut Ini


Sering kebingungan karena anak susah makan? Atau anak terlalu pilih-pilih makanan? Jangan khawatir, Bunda. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk memancing keinginan anak untuk menyantap masakan di rumah.

Saumya Shree, food specialist dari BiteClub.in menawarkan sejumlah saran untuk menyiasati anak yang suka pilih-pilih makanan. Simak uraian selengkapnya yang kami rangkum dari Wonder Woman India.

Siapkan makanan dengan warna yang menarik

Anak-anak bakal lebih tertarik pada makanan yang berwarna-warni, sebab mereka selalu tertarik pada segala hal yang memiliki warna mencolok.

Jadi buat makanan dengan warna seatraktif mungkin. Padukan beberapa jenis sayur atau buah-buahan dengan warna cerah yang bisa menarik perhatian anak.

Buat makanan dengan bentuk yang tak biasa

Buat anak yang suka pilih-pilih makanan, cara terbaik untuk menarik perhatian mereka adalah dengan menyiapkan makanan dengan bentuk-bentuk yang menarik.

Potong lauk dan sayuran menggunakan cetakan kue mini dalam berbagai bentuk, misalnya bintang, hati, ikan, dan huruf alfabet. Makanan beragam bentuk di atas piring akan memicu ketertarikan mereka untuk menyantapnya.

Gunakan nama-nama yang seru

Ciptakan nama-nama baru yang lebih seru untuk makanan yang disiapkan. Anak mungkin bakal mengernyitkan dahi jika disuguhi brokoli. Tetapi bisa jadi dia bakal tertarik jika sayuran hijau berkuntum itu disebut 'pohon mini'.

Lebih baik lagi kalau Anda sedikit bercerita mengenai sayuran dan buah yang ada di piring. Memang butuh usaha ekstra, tetapi dengan begini anak bisa makan tanpa harus dipaksa.

Sajikan semenarik mungkin

Bukan hanya kritikus makanan yang cerewet soal presentasi makanan. Bisa jadi anak malas makan karena masakan enak yang Anda buat diletakkan begitu saja di atas piring.

Anda bisa menyiasati presentasi makanan yang biasa saja dengan beberapa tips sederhana. Misalnya menyulap nasi putih menjadi bola-bola atau menyajikan telur dadar dalam bentuk spiral. Tinggal gulung telur dadar, kemudian potong tipis-tipis.

Ajak anak memasak

Minat anak terhadap makanan juga bisa dibangkitkan dengan melibatkan mereka dalam proses persiapan makanan di dapur.

Ajak anak berbelanja dan memasak makan siang mereka di dapur. Mintalah bantuan mereka untuk tugas-tugas kecil seperti memetik tangkai kembang kol atau mencuci buah.

Itulah beberapa langkah sederhana untuk menyiasati anak yang tak suka makan. Semoga bermanfaat, ya Bunda.

Sumber: Merdeka

No comments:

Post a Comment