Thursday, January 7, 2016

5 Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Janin Dalam Kandungan


Ibu hamil harus wajib penuhi nutrisi untuk tubuhnya, salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin maupun mineral. Vitamin dan juga mineral sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena baik bagi pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut ini sayuran sehat untuk ibu hamil yang dapat anda konsumsi, untuk kesehatan janin dalam kandungan :

1. Kedelai Jepang
Kedelai jepang mengandung senyawa fitoestrogen yang dapat menyembuhkan osteoporosisi. Tidak Hanya itu, kedelai jepang mengandung banyak kandungan gizi seperti kalium, protein, zat besi, fosfor, magnesium, riboflavin, vitamin K dan juga vitamin C. Kandungan tersebut mampu memberikan asupan yang baik untuk ibu hamil. Protein yang ada dalam kedelai jepang sangat tinggi, bahkan setara dengan kandungan protein yang ada di ikan, daging, dan ayam.
2. Labu siam
Labu siam merupakan sayuran umum yang banyak dijumpai di Indonesia. Sayuran ini mampu tumbuh di lingkungan mana pun. Untuk ibu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi labu siam sebab memiliki banyak manfaat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Labu siam mengandung asam folat yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan juga perkembangan janin, asa folat ini bakal mencegah bayi terlahir cacat.
Ibu hamil yang sulit buang air besar, sebaiknya mengkonsumsi labu siam. Karena labu siam mengandung serat baik untuk melancarkan pencernaan. Bahkan orang-orang yakin bahwa labu siam sanggup mencegah timbulnya kanker. Sayuran yang baik untuk ibu hamil ini mengandung kalium tinggi dan bermanfaat menurunkan tekanan darah.
Labu siam juga aman dikonsumsi penderita diabetes dan untuk orang yang diet. Labu siam mengandung karbohidrat yang mampu mengenyangkan, itu dapat membuat anda tidak makan nasi tidak dan akan terasa kenyang jika memakan labu siam.
3. Daun Katuk
Ibu hamil pasca melahirkan dianjurkan mengkonsumsi daun katuk, lantaran daun katuk mampu memperlancar ASI yang ke luar. Daun katuk pula mengandung protein, zat besi, alkaloid, kalium, seskuiterna, fosfor, sterol, vitamin A, B1, dan juga vitamin C.
4. Kentang
Kentang merupakan sayuran yang baik bagi ibu hamil dan dapat diolah menjadi beraneka ragam masakan, mulai dari yang asin, manis, sampai pedas sekali. Kentang mempunyai kandungan namasolanumtuberosum beraneka nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Kentang juga mampu melancarkan pencernaan terhadap ibu hamil, karena teksturnya lembut. Karena kentang mampu dicerna dengan cepat oleh organ pencernaan. Maka dari itu, ibu hamil yang sedang sembelit sebaiknya mengkonsumsi kentang, namun ingat jangan sampai berlebihan.
Kentang yang mengandung karbohidrat ini nyatanya bisa menurunkan berat tubuh. Kentang dapat menjadi pengganti nasi sebagai karbohidrat, ibu hamil yang mau menurunkan kelebihan berat tubuh sebab kehamilan, dapat mengkonsumsi kentang. Mengkonsumsi kentang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, karena kentang mengandung karotenoid yang menjaga kesehatan jantung.
Kentang mengandung serat alami yang teramat baik, salah satunya untuk meningkatkan produksi insulin Dan juga menurunkan kadar kolesterol didalam badan. Tidak Cuma itu kentang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, karena memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C.
5. Kacang Hijau
Kacang hijau mengandung asam folat, fosfor, vitamin B1, magnesium, protein, mangan, kalium, dan tiamin. Kandungan asam folat yang tinggi pada kacang hijau mampu mencegah bayi terlahir cacat dan juga dapat menunjang perkembangan saraf janin. Sayuran lain yang baik bagi ibu hamil dan mengandung asam folat yakni brokoli, bayam, kacang kedelai, dan masih banyak lagi.
Sekian info tentang Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Janin Dalam Kandungan, teruslah mengkonsumsi makanan sehat dan kaya serat. Sehingga janin yang ada dalam kandungan sang ibu tetap terjaga kesehatannya sampai proses kelahirannya.
Sumber: Aktualita

No comments:

Post a Comment