Sunday, January 3, 2016

Bayi Sering Bersin Belum Tentu Pilek, Ini Sebabnya!




Jangan langsung panik dan memberikan obat, bayi sering bersin belum tentu sedang sakit pilek atau batuk. Menurut dokter, sering bersin masih wajar dialami oleh bayi.

Seperti dikutip dari New Kids Center, bersin-bersin pada bayi baru lahir hingga beberapa kali dalam sehari masih dianggap wajar. Ini karena bersin menjadi mekanisme refleks yang digunakan untuk membersihkan partikel udara dan hambatan di saluran pernapasan. Dengan bersin, partikel debu atau kotoran yang ada di saluran pernapasan bisa keluar.

Pernyataan tersebut dibenarkan oleh dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Seotomo Surabaya. Menurutnya, tidak selamanya bersin-bersin menjadi pertanda bahwa bayi sedang batuk pilek.

"Bersin bisa jadi merupakan refleks normal dan bukan akibat infeksi, alergi atau gangguan lain," tutur dr Meta saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (1/1/2016).

Menurut dr Meta, bersin akan melegakan rongga hidung dan saluran napas dari berbagai sumbatan dan partikel udara. Bersin juga salah satu proses pematangan sistem pernapasan bayi.

Nah, karena saluran pernapasan bayi memang masih belum berkembang sempurna, maka seringkali refleksnya masih sangat tinggi terhadap partikel debu di udara. Akibatnya, ia akan menjadi sering bersin.

Namun jika bayi selalu bersin sepanjang waktu atau ada kondisi yang menyertai seperti batuk terus-menerus, tampak lemas, nafsu menyusu menurun, suhu tubuh meningkat hingga di atas 37,5 derajat Celcius atau tampak sulit bernapas, maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Sumber : detikhealth

No comments:

Post a Comment