Wednesday, January 6, 2016

Fakta atau Tidak? 6 Jenis Makanan Tidak Sehat

Makanan seperti daging, kuning telur dan garam banyak dinilai tidak sehat bagi tubuh Anda karena mengandung lemak yang akan berpotensi membuat Anda obesitas. Benarkah?
Jaclyn Reutens, salah satu ahli gizi di salah satu konsultan Nutrisi dan Olahraga di Singapura, dan Pooja Vig, salah satu ahli gizi dari The Nutrition Clinic di Hong Kong menyebutkan bahwa makanan yang kita anggap dahulunya tidak sehat ini sebenarnya baik untuk kita konsumsi.
Dilansir dari laman Asia One, Minggu (3/1), berikut adalah 6 jenis makanan tidak sehat yang sebenarnya baik untuk Anda:
1. Kuning telur
Kuning telur pada dasarnya memang memiliki kandungan lemak dan kolesterol, namun asalkan Anda tidak memiliki alergi telur, sebenarnya Anda bisa dengan aman mengkonsumsi satu hingga dua kuning telur per harinya.
Selain lemak dan kolesterol, kuning telur juga mengandung vitamin A, D, E, dan K.
2. Daging merah


Daging merah seperti yang orang bilang juga kaya akan kandungan lemak. Namun bila dibandingkan dengan daging putih seperti ayam, daging merah memiliki lebih banyak kandungan vitamin B12, zat besi dan zink.
3. Mentega
Mentega juga banyak diasosiasikan sebagai makanan penyebab penyakit jantung dan tinggi kolesterol. Namun pada dasarnya, mentega kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan lemak sehat. Asam lemaknya bisa menghindarkan Anda dari penambahan berat badan.
4. Garam
Banyak orang percaya bahwa garam mengakibatkan tekanan darah tinggi, sehingga banyak orang yang berusaha untuk diet minim garam atau bahkan tidak mengkonsumsi garam sama sekali.
Perlu diperhatikan bahwa garam sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Garam sangat berpengaruh pada komponen pada darah Anda. Penyakit hanya timbul jika ketika Anda mengkonsumsi garam dalam jumlah yang berlebihan.
5. Kopi
Kopi kerap kali dihubungkan dengan penyakit stroke, serangan jantung, susah tidur, diare dan gangguan pencernaan lain. Namun penelitian menunjukkan bahwa kopi berfungsi bagi bagian jantung Anda. Kopi juga mengurangi risiko diabetes tipe 2, Alzheimer serta Parkinson.
6. Nasi putih
Banyak orang bilang nasi putih bisa menggemukkan. Faktanya, makan nasi putih terlalu banyaklah yang membuat Anda menjadi gemuk.
Nasi kaya akan karbohidrat dan vitamin B yang bisa menambah energi secara instan. Nasi juga kaya akan magnesium, zat besi dan fosfor.
Sumber: AnalisaDaily

No comments:

Post a Comment