Friday, January 8, 2016

Masalah Ini Sering Mengganggu Kesehatan Puting Wanita


Disadari atau tidak, wanita sering menghadapi masalah kesehatan dibandingkan laki-laki. Mulai dari masalah yang berkaitan dengan menstruasi, ovarium, termasuk pula payudara.

Salah satu masalah kesehatan yang sering mendera payudara wanita selain kanker adalah puting. Mungkin karena bentuknya yang kecil, banyak wanita yang tidak terlalu memperhatikan kesehatan puting mereka. Apalagi jika isu dari payudara itu sendiri kencang berhembus.

Padahal, tahukah Anda bahwa ada beberapa penyakit serius yang bisa mengancam kesehatan putih wanita? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah Masalah Ini Sering Mengganggu Kesehatan Puting Wanita.


1. Puting Tumbuh Dobel
Puting payudara yang tumbuh dobel merupakan masalah kesehatan yang langka namun sebenarnya sering terjadi. Tak hanya wanita saja, pria pun biasanya juga mengalaminya.

Meski terlihat abnormal, namun pertumbuhan puting ganda ini tidak dapat membahayakan kesehatan Anda. Jadi, jika Anda mengalami hal ini jangan panik meskipun terkadang pertumbuhan puting yang kedua tidak berbentuk seperti selayaknya puting normal.

2. Puting berambut
Puting dengan rambut disekelilingnya biasanya hanya ditemui di puting pria. Namun nyatanya, wanita pun bisa mengalaminya. Menurut beberapa penelitian, jika Anda memiliki puting yang berambut, kemungkinan Anda menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Anda risih dengan hal ini? Anda bisa melakukan perawatan dengan cara merontokkan rambut puting.

3. Puting tumbuh terbalik
Sebaliknya, jika Anda merasa bahwa puting Anda tak pernah 'tidur', Anda patut khawatir. Sebab kemungkinan ada bibit kanker yang tumbuh di bawahnya.

4. Puting bersisik
Tak hanya kulit, puting juga bisa mengalami gatal, bersisik, dan pecah-pecah kulitnya. Jika hal ini terjadi, kemungkinan Anda mengalami masalah eksim.

Tak perlu khawatir, Anda bisa mengobatinya dengan mengoleskan krim kulit di atasnya. Selain itu selalu jaga kebersihan payudara Anda dengan rajin mengganti bra terutama jika Anda berkeringat.

5. Puting berair
Puting berair adalah hal yang normal jika Anda menyusui. Namun hal ini menjadi tidak normal jika Anda sedang tidak menyusui dan cairan yang keluar adalah cairan yang bercampur dengan darah.

Jika Anda mengalaminya, segera periksakan ke dokter sebab puting yang berair abnormal bisa menjadi tanda kanker.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa menyerang puting Anda. Well, meskipun bentuknya kecil jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatannya. Sebab sama seperti payudara, puting juga rentan terkena gangguan kesehatan.

Sumber: Merdeka

No comments:

Post a Comment