Monday, February 15, 2016

Hati-hati! Ternyata Ada Penyakit yang ditimbulkan karena pemakaian pasta gigi


Ternyata banyak penyakit yang tidak kita ketahui sama sekali, mulai dari hal kecil sampai hal yang besar, contohnya pemakaian pasta gigi.

Menjaga kesehatan gigi merupakan wajib hukumnya. Sebab jika tidak dijaga kesehatan dan kekuatannya, gigi kamu bisa jadi lubang plus timbul masalah bau mulut. Dalam usaha menjaga kesehatan gigi, tentu saja kamu bergantung pada penggunaan sikat gigi dan pasta gigi. Sebab kedua kombinasi ini bisa membersihkan gigi dengan maksimal. 

Sepintas, terlihat tidak ada yang membahayakan dari pasta gigi. Namun tahukah kamu bahwa bahan kimia yang ada di dalam pasta gigi bisa membahayakan kesehatan kamu? Berikut adalah penjelasannya.

Baca Juga: Fakta Tentang Menstruasi

Gangguan tiroid
Pasta gigi mengandung zat yang disebut dengan Triclosan di dalamnya. Zat ini sendiri berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri dalam mulut. Namun sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa bahan kimia ini mampu menyebabkan masalah tiroid, penyakit jantung, hingga kanker.

Masalah otak, ginjal, dan jantung
Pasta gigi yang umum dijual mengandung zat yang disebut dengan glikol polietilen (polyethylene). Bahan kimia yang beracun ini bisa merusak otak, ginjal, serta jantung Anda.

Penurunan kecerdasan
Pernahkah kamu mendengar kandungan fluoride di dalam pasta gigi? Bahan kimia ini selain merusak gusi juga mampu mengurangi IQ pada anak. Selain itu jika digunakan oleh wanita hamil maka dapat menyebabkan masalah tiroid, kerusakan tulang, masalah perut, hingga kanker.

Sariawan
Di dalam pasta gigi terdapat zat kimia yang bertindak sebagai sabun dan dikenal dengan sebutan natrium lauril sulfat. Jika digunakan secara berkepanjangan maka zat ini bisa menyebabkan sariawan, iritasi kulit, dan ketidakseimbangan hormon.

Perut kembung
Penasaran kenapa pasta gigi bisa berasa manis? Hal ini disebabkan karena pasta gigi mengandung zat gula di dalamnya yang disebut dengan sorbitol. Zat ini sangat sulit dicerna oleh tubuh yang kemudian dapat menyebabkan diare, gangguan pencernaan, gas, dan perut kembung. Sorbitol juga dapat mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh.

Diabetes
Selain sorbitol, pasta gigi juga mengandung zat yang disebut dengan aspartame atau gula buatan. Dan penelitian telah menunjukkan bahwa zat ini bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

Kanker ginjal
Bahan kimia lainnya di dalam pasta gigi adalah Dietanolamina. Zat inilah yang bisa menimbulkan busa dalam pasta gigimu. Kontaminasi bahan kimia jenis ini dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kanker hati, kanker ginjal, serta ketidakseimbangan hormon.

Well, ternyata itulah bahaya yang bisa ditimbulkan dari pasta gigi yang kamu pakai sehari-hari. Untuk meminimalkan paparan bahan kimia tersebut, kamu bisa menggunakan pasta gigi bebas deterjen atau siwak.

Sumber: Merdeka

No comments:

Post a Comment