Thursday, January 7, 2016

Benar atau Tidak, Mitos ‘Gemuk Tapi Sehat’?

Benarkah ada kondisi ‘gemuk yang sehat’? Selama ini kita selalu di doktrin untuk menjaga pola makan agar selalu seimbang, dan berolahraga teratur hingga mengurangi berat badan guna mencapai berat badan normal agar terhindar dari segala macam penyakit.
Namun baru-baru ini, peneliti dari Swedia mengungkapkan bahwa gemuk pun sebenarnya bisa sehat. Di lain hal, mereka menunjukkan bahwa efek dari olahraga yang keras ternyata dapat mempercepat kematian bagi orang-orang terobsesi dengan olahraga.
Dalam penelitian yang dilakukan di Swedia tersebut, lebih dari 1 juta pria dengan rata-rata usia 30-tahunan dan rajin melakukan olahraga teratur, diketahui meninggal lebih cepat yang sebenarnya setara dengan efek obesitas atau kelebihan berat badan.
Alasan yang kuat mengapa umur para pria ini cenderung pendek ialah berkaitan erat dengan aksi bunuh diri, alkohol dan narkotika yang biasanya merupakan kebiasaan para maniak olahraga.
Penulis Peter Nordstrom mengungkapkan pihaknya hanya bisa berspekulasi, namun faktor genetik berperan penting dalam kebiasaan olahraga. Dengan keterbatasan kajian penelitian, yaitu hanya pada pria dan hubungannya dengan kematian dini, ungkapan gemuk tapi sehat belum bisa dianggap benar.
Sumber: AnalisaDaily

No comments:

Post a Comment