Thursday, January 7, 2016

Tips Sehat Berada di Kota Polusi

Kualitas udara di kota sering kali dipertanyakan. Dengan berbagai jenis polusi yang kita hirup sehari-hari menjadikan kota tidak lagi memberikan udara segar untuk kita. Demam berdarah dan flu babi adalah salah satu ancaman besar bagi orang-orang yang hidup di kota dengan tingkat polusi yang tinggi.
Pada awalnya, kualitas udara yang buruk ini akan mempengaruhi organ pernafasan Anda dan lama kelamaan bisa menghambat aliran darah Anda sehingga menyebabkan serangan jantung hingga stroke.
Menyadari efek polusi udara yang buruk, Anda disarankan untuk lebih memperhatikan lingkungan dan kesehatan diri Anda sendiri. Dilansir dari laman Times of India, berikut adalah tips sehat meski tinggal di kota yang penuh polusi:
Olahraga di Waktu yang Tepat
Olahraga memang dapat membuat kita menjadi sehat, namun olahraga di tengah jalanan yang berdebu juga pada akhirnya tidak akan membuat badan kita bugar. Bahkan hal ini juga akan berbahaya bagi kita. Cara terbaik adalah olahraga di saat belum ada matahari seperti dini hari dan malam hari, karena di jam-jam seperti ini polusi di jalanan sedang tidak tinggi.
Penyaring udara
Kontaminan paling berbahaya dari udara yang sudah terkena polusi adalah partikel pm 10 dan pm 2.5. Sebagian besar penyaring udara tidak dapat menyaring partikel ukuran ini. Cara terbaik adalah memilih penyaring udara yang memiliki filter HEPA. Filter jenis ini memberikan perlindungan lebih terhadap partikel tersebut.
Masker
Kebanyakan masker bedah dan sapu tangan tidak efektif menyaring udara, apalagi masker yang dijual di pasaran. Pengunaan respirator n95 akan memberikan perlindungan terbaik pada kualitas udara yang Anda hirup dibandingkan masker yang dijual di pasaran.
Minimalkan kontaminasi udara luar
Tutuplah jendela mobil Anda ketika Anda terjebak dalam kemacetan atau tinggallah dalam ruangan selama mungkin untuk menghindari polusi udara.
Minum yang banyak
Jagalah metabolisme tubuh Anda dengan mengkonsumsi cairan yang cukup. Hal ini membantu mekanisme penyaringan tubuh Anda menjadi lebih kuat.
Mencuci tangan
Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mencuci tangan. Cucilah tangan Anda sebelum makan, sebelum minum obat, setelah batuk atau bersin, setelah menggunakan kamar mandi, setelah menyentuh benda kotor dan setelah berada di antara orang yang sakit. Cucilah tangan Anda dengan sabun dan juga air hangat.
Sumber: AnalisaDaily

No comments:

Post a Comment