Thursday, February 11, 2016

Apa Benar? Bercak Putih di Pipi si Kecil Pasti karena Terkena ASI?


Tak selalu mulus, kulit bayi kadang juga tampak memiliki bercak putih, terutama di area wajah. Kondisi ini sering disebut-sebut sebagai panu akibat terkena air susu ibu (ASI).

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin di EDMO Clinic Jakarta, dr Eddy Karta, SpKK, bercak putih yang sering muncul di wajah bayi bukanlah karena ruam ASI. Kemungkinan besar bercak tersebut muncul akibat gangguan pigmentasi sementara seperti pityriasis alba atau dermatitis atopik.

"Tetapi bila menetap berminggu-minggu atau meluas hingga melibatkan banyak area, maka perlu konsultasi ke dokter ahli untuk memeriksa kesehatan bayi dan kulitnya," tutur dr Eddy.

Dilanjutkan dr Eddy, berdasarkan literatur umumnya bayi jarang terkena panu. Panu lebih sering menyerang remaja dan dewasa muda. Nah, jika bayi atau anak-anak memiliki bercak bundar berwarna putih di wajah dan badan, maka kemungkinan hal tersebut bukanlah panu.

Baca juga: Pernah Terkena Kanker Payudara, Rima Melati Punya Pesan Khusus untuk Kaum Adam

"Kondisi ini lebih sering disebabkan oleh penyakit kulit pityriasis alba, dermatitis, tuberous sclerosis, dan lain-lain. Penyakit ini merupakan kelompok penyakit kulit akibat gangguan produksi melanin bawaan atau kerusakan kulit sementara," tutur dr Eddy.

Yang keliru, orang awam sering salah menduga bahwa bercak putih di wajah dan badan bayi serta anak sebagai panu. Bahkan tak sedikit yang langsung memakaikan obat panu. Padahal sembarangan pemakaian obat, apalagi di kulit wajah bayi serta anak yang masih sensitif, efek sampingnya dapat merusak kulit.

"Jadi jangan semua kelainan kulit pada bayi atau anak-anak diberi obat panu. Harus diperiksa dulu ke dokter, dicari tahu kondisi kesehatan kulit bayinya," pesan dr Eddy.

Sumber: detikhealth

No comments:

Post a Comment