Tuesday, January 26, 2016

Inilah Makanan Lezat Yang Buat Kamu Kebal Dari Penyakit

Ingin kebal dari serangan bakteri, virus dan parasit lainnya yang sebabkan tubuh kamu sakit? Untuk mendapatkannya sangat penting untuk mempertahankan atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.
Meningkatkan produksi sel-sel darah putih kemudian memainkan peranan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tersebut. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah melalui makanan.
Jika kamu penggemar makanan lezat, ini akan menjadi kabar baik buat kamu. Pasalnya, makanan lezat berikut ini ternyata menyimpan manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.
Melansir dari prevention.com, berikut ini merupakan deretan lima makanan lezat yang buat kamu kebal dari penyakit.
1. Makanan laut
Selenium adalah mineral yang membantu sel darah putih memproduksi sitokin. Protein yang membantu mengeluarkan virus flu dari tubuhlah yang disebut dengan sitokin.
Selenium banyak kamu temukan dalam tiram, lobster, kepiting dan kerang. Selain selenium, omega-3 yang terdapat dalam salmon, makarel dan ikan hering membantu mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara dan melindungi paru-paru dari flu dan infeksi saluran pernapasan lainnya.
2. Daging sapi
Seng yang terkandung dalam makanan penting untuk meningkatkan sel-sel darah putih, sel-sel sistem kekebalan tubuh yang mengenali dan menghancurkan bakteri, virus dan parasit lainnya yang menyerang tubuh. Daging sapi merupakan salah satu sumber seng. Sekitar 90gr daging sapi tanpa lemak menyediakan 30% dari kebutuhan harian tubuh akan seng.
3. Sup ayam
Terkena flu? Sup ayam adalah salah satu makanan lezat yang bisa bantu kamu untuk sembuh dengan lebih cepat. Kaldu asin dari sup ayam membuat lendir yang menghasilkan reaksi yang serupa dengan obat batuk. Terlebih sup ayam ditambahi rempah-rempah sehat seperti bawang merah dan bawang putih yang mampu meningkatkan daya kekebalan tubuh.
4. Jamur
Studi yang dilakukan oleh Institute of Herbal Medicine, Washington menunjukkan bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih.
Ini yang membuat tubuh kamu lebih kuat untuk melakukan perlawanan jika ada serangan dari infeksi, bakteri dan parasit lainnya dari luar. Para ahli merekomendasikan sekitar seperempat hingga satu ons jamur sehari untuk mendapatkan manfaat kekebalan yang maksimal.
5. Yogurt

Probiotik yang ditemukan dalam yogurt adalah bakteri sehat yang menjaga usus dan saluran usus bebas dari bakteri penyebab penyakit. Meskipun telah muncul dalam bentuk suplemen, para peneliti dari University of Vienna, Austria menemukan bahwa 7ons yogurt sehari memiliki manfaat yang sebanding dengan suplemen probiotik.
Buat kamu yang gemar mengonsumsi teh, kamu bisa mengonsumsi 5 cangkir teh sehari selama seminggu untuk mendapatkan 10 kali perlindungan yang lebih kuat terhadap serangan virus. Cara yang menyenangkan untuk mendapatkan perlindungan tubuh dari serangan penyakit, bukan?
Sumber : Merdeka

No comments:

Post a Comment