Saturday, January 9, 2016

Jalani Pengobatan Kanker, Bocah 9 Tahun Ini Dibekukan


Karena tumor otak yang diidap oleh Nathan Crawford (9) termasuk jenis yang ganas, dirinya terpaksa harus menjalani kemoterapi dan radioterapi yang tak kalah agresif. Prosedur ini bisa merusak kesuburan sehingga dokter membekukan sebagian dari testisnya dan disimpan agar kelak bila Nathan sembuh dirinya bisa memiliki keturunan.

Nathan yang berasal dari Cornwall, Inggris, ini menjalani pengobatan di John Radcliffe Hospital dan tim dokter mengatakan karena beratnya terapi ada kemungkinan Nathan akan mandul. Diharapkan nantinya testis yang dibekukan akan bermanfaat dan bisa ditransplantasi kembali ke Nathan bila dibutuhkan.

Tehnik ini belum pernah digunakan sebelumnya dan karena itu pula tak ada rekam jejak ada anak yang bisa lahir dari jaringan reproduksi yang dibekukan sebelum pubertas. Namun demikian tim dokter percaya ada peluang 80% untuk Nathan memiliki organ reproduksi aktif pada saat dewasa.

Sang ayah tiri, Jonathan Alison, mengatakan selama prosedur pengangkatan dan pembekuan testis Nathan jalani semuanya dengan santai.

"Dia pergi ke Oxford untuk menjalani pengangkatan jaringan testis, 48 jam kemudian dia sudah di rumah di Cornwall sedang makan camilan bersama kami. Dia sangat antusias untuk natal dan kami tak bisa lebih bangga lagi melihat bagaimana ia menanggung semua beban ini," kata Alison seperti dikutip dari BBC, Kamis (24/12/2015).

Dokter berharap pengobatan yang akan dijalani Nathan akan membuat kanker otak tipe glioma yang diidapnya mengecil. Bila semua berjalan lancar maka Nathan bisa memiliki hidup panjang.

Sumber: detikhealth

No comments:

Post a Comment