Tuesday, January 12, 2016

Rahasia 7 Negara Tersehat di Dunia!

Ilustrasi Negara paling sehat di dunia (U-Report)

Semua orang tentu saja ingin hidup sehat, bahagia dan umur panjang untuk menikmati keindahan dunia.Walaupun masih sebagian orang yang melakukannya, menjaga pola makan dan olahraga teratur menjadi pilihan utama untuk mendapatkan kata sehat tersebut.

Selain itu, tidak ada salahnya sekali-kali kita menengok negara-negara lain untuk mengintip rahasia mereka untuk hidup sehat. Perlu kita tahu setidaknya ada tujuh negara yang diklaim sebagai deretan negara tersehat di dunia

Baca juga: 10 Gangguan Kesehatan Paling Aneh di Dunia

1. Jepang
Negeri sakura ini memiliki angka harapan hidup sekitar 89,19 tahun. Pola makan orang Jepang tergolong cukup sehat, karena mereka banyak mengonsumsi ikan segar, sayuran, teh hijau, dan rumput laut. Selain itu, orang-orang Jepang mengonsumsi makanan dalam jumlah yang kecil.

2. Singapura
Singapura terkenal untuk aturan dan peraturan yang cukup ketat untuk menjaga lingkungan yang sehat dan bersih. Singapura memiliki beberapa catatan kebersihan terbaik di dunia dan masyarakatnya juga bekerja sama untuk menjaga kota tetap bersih. Pemerintah Singapura cukup aktif mempromosikan lingkungan yang bersih dan sehat melalui berbagai media seperti pendidikan, relawan, dan juga penerapan aturan. Angka harapan hidup Singapura sekitar 84,07 tahun.

3. Yunani
Makanan masyarakat Yunani akrab dengan minyak zaitun, ikan, dan sayuran segar. Diet ini menjadi inspirasi dari diet Mediterania yang sangat terkenal bermanfaat bagi kesehatan jantung di seluruh dunia. Angka harapan hidup Yunani sekitar 82,98 tahun. Ini berkat diet dan aktivitas fisik yang biasa mereka lakukan.

4. Andorra
Mungkin negara yang satu ini masih asing di telinga kita. Ya, Andora memang sebuah negara pegunungan kecil yang terletak di antara Perancis dan Spanyol. Orang-orang Andorra memiliki harapan hidup sekitar 82,58 tahun. Ini berkat masyaraknya menerapkan pola makan seperti diet Mediterania. Berada di daerah pegunungan terjal membuat Andora menjadi tempat ski favorit di musim dingin dan hiking di musim panas. Tentu saja, selain untuk mengintip rahasia sehat mereka, kan?

5. Swiss
Tidak heran jika Swiss dimasukkan dalam daftar negara tersehat di dunia. Ini karena masyarakatnya memiliki angka harapan hidup 82,28 tahun. Orang-orang Swiss sangat aktif dan mereka mengambil keuntungan dari lokasi indah mereka di Pegunungan Alpen. Mereka menikmati ski, hiking, bersepeda, dan mendaki sepanjang tahun.

6. Australia
Dengan lokasinya yang terpencil, mengimpor makanan menjadi sesuatu yang terlalu mahal bagi mereka. Tetapi, hal ini sangat menguntungkan bagi kesehatan karena membuat banyak orang Australia memilih makanan lokal yaitu makanan alami yang tumbuh dalam negeri mereka. Dengan angka harapan hidup rata-rata 81,98 tahun, orang-orang Australia senang berselancar, rugby, berenang, bersepeda, dan hiking.

7. Perancis
Perancis mungkin memanjakan diri dengan berbagai olahan keju yang mendunia, kue-kue, dan bahkan anggur. Tetapi mereka berhasil mengelola makanan mereka dengan baik. Perancis terkenal dengan makanan porsi kecil serta makanan seimbang. Ini yang membuat angka harapan hidup mereka mencapai 81,56 tahun.

Cara sehat yang mudah untuk dilakukan, bukan? Rata-rata orang-orang dari negara tersebut memiliki angka harapan hidup yang tinggi karena pola makan sehat dan aktivitas fisik yang mereka lakukan. Lalu, bagaimana dengan kita? Tidak ada salahnya untuk mencoba resep rahasia sehat mereka, kan?

Sumber: Merdeka

No comments:

Post a Comment